Rabu, 16 Februari 2011

LET'S BAKING TOGETHER 2

Macaroni Baked  Ubi Rambat  Ala Sushi


Ketemu lagi nih di  baking bersama ( LBT 2  ) dengan tema nya “  macaroni panggang  . weleh weleh. sejujur nya  diriku belum pernah bikin macaroni panggang , xixixixiiiixiiix secara lidah ku ngedeso nih biasa nya lebih sering maem nya makanan tradisional ( diriku mencintai negriku yang indah  dan subur ) walah lho kok jadi melantur kemana mana nih.

By the way......jadi terus berpikir nih dan hunting hunting resep di majalah, browsing di internet, cari info ke teman pokok nya segala cara deh di tempuh demi mendapatkan gambaran mengenai si macaroni panggang ini gimana hiks hiks hiks…..

Setelah rotasi terus dengan si resep macaroni panggang ,akhir nya terkena bidik deh salah satu resep dari sekian resep yang jadi nominasi. yang lain nya sementara tereleminasi dulu ( walah walah sok sokan pakai kategori segala kayak ajang festival aja xixixixixixiixixi.

Kategori si resep macaroni panggang ini terlebih dahulu di  baca, di simak , dipelajari dan di exprimenkan di laboratorium dapur kecil ku yang sangat sederhana. Setelah bahan bahan terkumpul semua di dapur ku yang sangat sederhana ini, jreng jreng.... diriku berexprimen dengan resep si macaroni panggang ini.

Resep macaroni yang terbidik ini di adopsi dari resep bu fatmah bahalwan ( NCC ), tapi ada yang di modifikasi sendiri ala diriku. Pingin nya sih coba coba berexprimen dengan suatu bahan yang menurut ku bahan ini mudah di dapat , diriku memberdayakan jenis umbi umbian yaitu : ubi rambat . dan emang di negri kita ini merupakan bahan yang bisa dijadikan bahan pangan pokok juga serta untuk melestarikan budaya negri dengan mensosialisasikan  bahwa di negri kita ini begitu banyak nya jenis umbi umbian yang bisa di berdayakan dan di olah menjadi makanan..... ( ceile gaya nya nih sok  sokan deh ).
 
Tahapan demi tahapan exprimen kulakukan terhadap si ubi rambat ini  yang berkolaborasi dengan si macaroni yang di olah menjadi macaroni panggang wah.... ternyata hasil nya amazing deh. uenak menurut diriku dan my hubby sebagai pasien pertama kali dalam exprimen ku bikin si macaroni panggang ubi rambat ini he he he he he he he.


Finnaly diriku menamai exprimen ini dengan judul : macaroni baked ubi rambat ala sushi
Kenapa ada pakai embel embel ala sushi, nggak tau tiba tiba si ide mengalir aja pingin nya si macaroni baked ubi rambat nya di bikin dengan berteman dengan si ketan putih di dasar nya macaroni, cause biar jadi alternatif selain nasi deh, karena macaroni kan termasuk jenis masakan ya ( kalau salah diriku mohon di koreksi ya ). Dan si macaroni baked ubi rambat ini juga bisa di cocol dengan sambal dan kebenaran kali ini diriku bikin saos dari ubi rambat sebagai cocolan maem si macaroni baked ubi rambat nya

Gong gong....  memasuki arena LBT 2 dengan menampilkan persembahan si macaroni baked ubi rambat ala sushi dan ......inilah penampakan dari si macaroni baked ubi rambat ala sushi nya..... semoga suka dan bisa di cobain ya ( maksa .com nih )......

Resep : Macaroni Schotel
By: Fatmah Bahalwan ( NCC )

Modifed judul resep  ala marini
Resep : Macaroni Panggang ubi rambat ala sushi
By: marini



Bahan :
30 gram mentega / margarine ( saya pakai butter hollman )
2 siung bawang putih dicincang halus ( saya pakai 2 sdm bawang putih halus )
2 buah bawang Bombay, di iris tipis.
200 gram wortel ( saya ganti pakai ubi rambat  ), ubi rambat nya di kukus dan di blender halus. Sisihkan.
350 ml air kaldu sapi
2 sdm pasta tomat ( saya pakai 2 buah tomat di blender halus )
1 sdm minyak zaitun ( saya pakai minyak sayur kualitas yang bagus )
150 gram macaroni ( saya pakai macaroniku )
4 butir telur utuh
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
¼ sdt pala bubuk
200 ml susu cair ( saya ganti pakai yoghurt plain )
200 gram daging giling
75 gram smoked beef
75 gram sosis ( resep asli tidak ada )
100 gram keju craft di parut
75 gram jagung manis pipil ( resep asli tidak ada )
Bawang bombay 2 buah


Topping :
Keju craft di parut buat taburan secukup nya
Wortel di kukus dan di bentuk pakai cutter bunga buat garnish

Cara membuat :

  1. Panaskan margarin , tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum masukan ubi rambat yang telah di blender halus dan tomat yang di blender halus di masak di atas api sedang sampai kental dan masak. Sisihkan.
  2. didihkan air tambahkan 2 sdm minyak zaitun atau minyak sayur kualitas bagus ke dalam air rebusan masukan macaroni dan rebus sampai macaroni empuk.tiriskan.
  3. di wadah lain kocok telur sampai tercampur dengan whisker, masukan garam, merica bubuk, pala bubuk, susu cair, daging giling, smoked beef, sosis, campuran ubi rambat yang telah di masak , keju parut, royco, jagung manis aduk semua bahan hingga  tercampur rata.
Cara membuat :

  1. Panaskan margarin , tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum masukan ubi rambat yang telah di blender halus dan tomat yang di blender halus di masak di atas api sedang sampai kental dan masak. Sisihkan.
  2. didihkan air tambahkan 2 sdm minyak zaitun atau minyak sayur kualitas bagus ke dalam air rebusan masukan macaroni dan rebus sampai macaroni empuk.tiriskan.
  3. di wadah lain kocok telur sampai tercampur dengan whisker, masukan garam, merica bubuk, pala bubuk, susu cair, daging giling, smoked beef, sosis, campuran ubi rambat yang telah di masak , keju parut, royco, jagung manis aduk semua bahan hingga  tercampur rata.
  4. tuang semua bahan yang telah tercampur rata ke pinggan tahan panas atau loyang ( saya pakai loyang ukuran 22*22*4 cm ) .
  5. lalu di atas nya di taburkan keju parut dan saya pakai garnih wortel yang di bentuk dengan cutter bunga dan jagung manis.
  6. panggang dengan suhu 180 derajat sampai matang siap di sajikan dan di santap.
   
Cara membuat saos ubi rambat nya buat cocolan macaroni panggang nya:

        Bahan :
        150 gram ubi rambat di kukus dan di belender halus
         250 cc air kaldu sapi
         Bawang bombay 1 buah buat menumis
         1sdt merica bubuk
         1 sdt pala bubuk
         1 sdm bawang putih halus buat menumis nya
         2 sdm margarin buat menumis nya.
         1 sdm minyak wijen
         1 sdt oregano
         1 sdt garam
          Royco secukup nya
          ½ sdt kecap manis
          1 sdt gula pasir.
         
 Cara membuat :
1.      panaskan margarine masukan bawang putih halus dan bawang Bombay tumis  hingga harum, masukan air kaldu dan ubi rambat yang telah di blender halus.
2.      masukan garam, merica bubuk, royco, kecap manis, gula pasir, minyak wijen, pala bubuk, oregano masak semua bahan hingga kental dan masak.
3.      siap di hiding kan dan di santap dengan macaroni panggang sebagai cocolan nya.
 
Penyelesaian :
           1. macaroni panggang nya yang telah matang dari oven dan telah di dinginkan di
               Bentuk dengan cutter bulat diameter 10 cm, lalu ketan yang telah di kukus
               Secara terpisah di bentuk bulat juga dengan cutter diameter 10 cm.
          2.  lalu ketan di alasi atas nya dengan macaroni dan garnis hya di kasih wortel yang
  Telah di kukus dan di bentuk dengan cutter bunga jadilah macaroni ubi rambat ala sushi


HAPPY BAKING ^ - ^ SEMANGAT….
SALAM LBT
         



Tidak ada komentar:

Posting Komentar